Rabu, 23 Januari 2008

ENGINE TUNE UP

No.
Bagian
Hal yang diperiksa
Keterangan
1.
Sistem pendinginan
Sabuk
Tegangan sabuk
10-15 mm dengan tekanan 10 kg
Selang waktu penggantian sabuk
Dua tahun
Radiator
Selang waktu mencuci radiator
Dua tahun
Kebocoran radiator
Dengan menggunakan alat radiator tester
2.
Sistem pengapian
Distributor
Sudut dwell
52 derajat
Kapasitas condenser
0,25 micro farad
Timing pengapian
8 derajat B.T.D.C. / 900 rpm
Urutan pengapian
1-3-4-2
Celah platina
0,4-0,5 mm
Kabel tegangan tinggi
<25 kilo ohm
Busi
NGK
BP-5ES (BPR-5ES)
Nippon Denso
W16EX-U (W16EXR-U)
Celah busi
0,7-0,8 mm
Ignition coil
Tahanan kumparan sekunder
Kira-kira 3 ohm (termasuk resistor 1,5 ohm)
Tahanan kumparan primer
Kira-kira 8 kilo ohm
3.
Katup
Celah katup Intake / Exhaust
Dingin
0,13-0,18 mm
Panas
0,23-0,28 mm
4.
Kompresi
Tekanan kompresi
10-12 kg/cm2 / 300 rpm
5.
Vacuum
Pengukuran vacuum
42-54 cm Hg pada 900 rpm
6.
Pelumasan mesin
Saringan oli
Penggantian mula-mula
Setalah 1.000 km
Penggantian selang-waktu
Setiap 10.000 km
Oli mesin
Penggantian oli secara berkala
3000 cc
Penambahan oli setelah bongkar mesin
3500 cc
Tingkat oli
Permukaan oli antara garis “LOW” dan “FULL”
7.
Battery
NT 60-S4
Kapasitas
30 AH(47 AH), 12 Volt
Elektrolit
2,2 liter (3,3 liter)
Berat jenis
1,280 dalam keadaan isi penuh pada 20 derajat Celcius

Tidak ada komentar: